Sabtu, 05 September 2009

Korban Tewas Kelaparan di Papua Menjadi 113



Amril Amarullah.
Jum'at, 4 September 2009, 14:45 WIB

VIVAnews - Warga kabupaten Yahukimo yang meninggal akibat dilanda kelaparan terus bertambah, jika sebelumnya hanya 92 orang, saat ini sudah mencapai 113 orang. Kemungkinan jumlah itu akan terus bertambah, namun karena kondisi medan yang sulit. Demikian Izak Kipka, Koordinator Yayasan Kristen Pelayanan Sosial Masyarakat Indonesia ketika dihubungi VIVAnews, Jumat sore, 4 September 2009.
"Korban yang meninggal terus bertambah, jika sebelumnya hanya 92 orang saat ini sudah menjadi 113 orang, ini berdasarkan penelusuran kami dilapangan yakni di sejumlah distrik yang dilanda kelaparan," ujarnya. Bahkan, kemungkinan jumlah itu akan terus bertambah, namun karena kondisi medan yang sulit serta cuaca yang tidak bersahabat, sebagian distrik belum bisa didatangai untuk melakukan penelusuran. "Kami belum bisa menjangkau seluruh distrik, sehingga data-data sebagian distrik belum diperoleh," katanya. Ia mengakui, pemerintah Kabupaten Yahukimo sudah mengirimkan tim melihat kondisi yang sebenarnya dilapangan sekaligus mendata jumlah korban, sementara bantuan makanan maupun obat-obatan sama sekali belum di drop ke lokasi yang dilanda kelaparan.
Dijelaskan, sesuai data yang diperoleh timnya dilapangan, warga yang meninggal akibat munculnya sejumlah penyakit akibat kelaparan. Penyakit itu antara lain, muntaber, malaria, mencret, amuba dan sesak nafas. "Memang warga meninggal bukan langsung akibat kelaparan, tapi karena penyakit yang muncul karena warga tidak makan lagi," ujarnya.
Isak juga mengatakan, saat ini pihaknya sedang menunggu laporan dari timnya dari sejumlah distrik lain yang juga dilanda kelaparan.
Sumber : VIVAnews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah Sebagai Tanda Persahabatan...

 

Buku Murah


Masukkan Code ini K1-BE118B-2
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Pasang Link Aku

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Pengikut

KampungBlog.com Kumpulan Blog
Indonesia