Minggu, 21 April 2013

Gardu Pandang Peninggalan Belanda-Krakitan Bayat Klaten

Gardu Pandang

Gardu Pandang
Sekitar Gardu Pandang

Penambang Batu

Tobong Pembakaran Batu Kapur

Truk Pengangkut Batu

Pintu Masuk Utama  Desa Wisata
Desa Wisata Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa-tengah yang sangat menarik buat berwisata. Desa ini mempunyai beberapa obyek yang antara lain Warung Apung, Pemancingan, Museum Tani, Gardu Pandang diatas Bukit, Wisata Alam Bukit Sidagora, Berbagai jenis burung ternak, dan Gardu Pandang Bersejarah di Gunung Gajah.

Mulai tahun 70-an Gunung Gajah  tepatnya di Dusun Nglebak, Desa Krakitan mulai bermunculan penambang-penambang batu kapur untuk keperluan bangunan. Selain itu banyak pengusaha yang berivestasi mulai dari armada angkutan dan berdirinyan bangunan-bangunan Tobong untuk membakar batu kapur.

Disekitar Gunung Gajah sampai tahun 2013 masih lebih dari 20 Tobong pembakaran batu kapur. Dengan demikian kegiatan ini bisa menyerap tenaga kerja yang cukup banyak.

Gardu Pandang
Bangunan bersejarah peninggalan pemerintah Belanda yang berupa bangunan Gardu pandang sangat memprihatinkan. Bangunan yang unik ini tidak bisa diakses wisatawan, karena jalan menuju Gardu Pandang sudah putus. Sehingga wisatawan hanya bisa melihat dari kejauhan atau dari bawah gunung. Selain itu Patung Gajah peninggalan Kerajaan Belanda yang berada di Gardu Pandang sudah raib dari tempatnya.

Menurut warga sekitar, GunungGajah milik negara tersebut sekarang sudah di kapling-kapling oleh pemerintah desa Krakitan menjadi hak milik warga sekitar dengan membayar sejumlah uang dan sekarang masih dalam proses sertifikat.

Pemerintah daerah sampai sekarang tidak peduli dengan peninggalan sejarah tersebut, bahkan membiarkan penambang batu terus-menerus merusak lingkungan wisata, bahkan dusun Nglebak mendatangkan alat berat (Beko) untuk menghancurkan bebatuan agar bisa di dirikan bangunan. (Estib Post).

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah Sebagai Tanda Persahabatan...

 

Buku Murah


Masukkan Code ini K1-BE118B-2
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Pasang Link Aku

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Pengikut